opem-mind-april-2015-suara-Tuhan

SUARA TUHAN

Kita mengenal tujuh perkataan Tuhan Yesus di atas kayu salib. Ternyata Daud juga melukiskan Suara Tuhan yang sangat dahsyat dalam Mazmur 29:1-9:

Suara Tuhan di atas air (ayat 3).
Sebagai ungkapan bahwa Allah berkuasa atas air sebagai ciptaan-Nya. Allah yang mulia mengguntur atas air yang besar (Lautan)
“Suara TUHAN di atas air, Allah yang mulia mengguntur, TUHAN di atas air yang besar.”

Suara Tuhan penuh kekuatan (ayat 4a).
Suara Tuhan penuh dengan kekuatan menyatakan kuasa firman-Nya, sekali Allah berfirman, maka firman itu penuh kekuatan.
“Suara TUHAN penuh kekuatan…”

Suara Tuhan penuh semarak (ayat 4b).
Suara Tuhan penuh semarak sebagai tanda bahwa Tuhan sebagai sumber sukacita bagi kita. Daud hanya mendapatkan sukacita daripada Tuhan.
“…suara TUHAN penuh semarak.”

Suara Tuhan mematahkan pohon aras (ayat 5a).
Pohon aras adalah pohon yang cukup keras dan paling kuat. Bait Allah memakai bahan kayu pohon aras. Jika suara Tuhan mematahkan pohon aras berarti…hal sekuat apapun dapat Tuhan patahkan, bahkan Tuhan dapat menumbangkannya.
“Suara TUHAN mematahkan pohon aras…”

Suara Tuhan menyemburkan nyala Api (ayat 7).
Nyala api melambangkan kemurkaan Allah dalam Perjanjian Lama, artinya bahwa Tuhan dapat murka kepada kita. Suara Tuhan murka kepada umat yang tidak mau taat kepadaNya.
“Suara TUHAN menyemburkan nyala api.”

Suara Tuhan membuat padang gurun gemetar (ayat 8).
Padang gurun tidak ada kehidupan, tetapi dengan suara Tuhan, padang gurun dapat menghidupi bangsa Israel, memelihara mereka. Pada gurun dapat mengeluarkan air jika suara Tuhan terdengar.
“Suara TUHAN membuat padang gurun gemetar, TUHAN membuat padang gurun Kadesh gemetar.”

Suara Tuhan membuat beranak rusa betina yang mengandung, (ayat 9).
Rusa selalu merindukan air, bahkan tanpa air seekor rusa yang mengandung, akan susah untuk melahirkan. Tetapi tanpa air sekalipun jika Tuhan berkendak maka rusa itupun dapat melahirkan. Tanpa satupun yang menolong kita, jika suara Tuhan berkehendak atas kita, maka kita akan mengalami pertolongan-Nya.
“Suara TUHAN membuat beranak rusa betina yang mengandung, bahkan, hutan digundulinya; dan di dalam bait-Nya setiap orang berseru: “Hormat!”

Suara Tuhan saat ini memanggilmu….untuk menjadi umat-Nya yang terus mendengar suara-Nya dan taat akan Suara Tuhan melalui kebenaran firman-Nya.

Photo Credit: juanpablo.santosrodriguez via Compfight cc

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *