yohanes-simon-sanggor-teenz-idol-agustus-2014

Yohanes Simon Sanggor: Si ‘Berisik’ Yang Rendah Hati

yohanes-simon-sanggor

Meski prestasinya terbilang tidak sedikit, Yohanes Simon Sanggor, tetap mau belajar rendah hati. Prestasi yang pernah diraihnya, diantaranya: Juara 1 “The Sportissimo” Vocal Competition Tingkat DKI Jakarta, Juara 1 “The Rhytm of Mine” McD Vocal Competition Tingkat Nasional, Juara 1 EMS Students Try Out, Juara 3 “Idola Remaja” Vocal CompetitionTingkat Nasional, Bintang Radio RRI 2005, “Being Alive” Opera, diproduksi oleh Elfa Secioria, one of the cast, “The Three Musketeers” Theater Festival LSPR, one of the main cast, Juara 1 Lomba Paduan Suara ITB Bandung Tingkat Nasional, Juara 1 Lomba Paduan Suara Christmas Carol Blok M Tingkat DKI Jakarta (solois) Juara 1 Mix Chamber GPIB Tingkat Nasional, A duet song in a Gospel Album, Imanuel Natalio – Kau Sahabatku, 2009; An album with GMBC (Chapter One), 2009; “Les Miserables” LSPR Teatro 2010, one of the main cast.

Yuk, kita ikuti percakapan Kerygma Teenz (KT) bersama YOHANES SIMON SANGGOR (Anes) berikut.
(KT) Hai Anes…kamu ini anak keberapa dari berapa bersaudara? Hoby apa yang paling menonjol sejak kecil?
(Anes) Anak ke-5 dari 5 bersaudara. Saya punya 2 kakak laki-laki dan 2 kakak perempuan. Pengalaman masa kecil saya yang masih ingat adalah waktu kecil saya sudah suka nyanyi. Jadi di mana pun dan kapanpun saya suka teriak-teriak nyanyi gak jelas; sering berantem sama kakak-kakak karena saya yang terlalu berisik, he he he…

(KT) Wah, sejak kecil dah berisik ya, he he he…tapi suara kamu merdu juga lho. Trus, apa kesibukan kamu sekarang?
(Anes) Saya sedang sibuk menyelesaikan kuliah S2, sedang menunggu sidang thesis. Juga sibuk di pelayanan, karena saya menyadari semua talenta itu asalnya dari Tuhan. Jadi saya ingin memberikan kembali untuk Tuhan, baik melalui pelayanan maupun dunia entertaiment.

(KT) Punya tokoh idola gak?
(Anes) Papi saya. Dia orang yang sangat rendah hati dan family oriented. Tidak pernah melarang anak-anaknya melakukan apapun selagi itu merupakan hal yang positif. Dia tidak pernah memberikan pengajaran dari mulut saja, tapi juga dari perlakuan sehari-hari.

biodata-yohanes-simon-sanggor

(KT) Anes, prestasi kamu khan banyak banget nih…menurut kamu apa itu sudah menjadi jawaban generasi muda saat ini? ada tantangan terberatnya ?
(Anes) Tantangan terberat itu mungkin berasal dari diri kita sendiri. Seberapa besar kita mau melayani dengan tulus kepada Tuhan tanpa embel-embel apapun dibelakangnya. Setelah semua itu kita bisa lewati, akan terlihat sendiri kok bagaimana karakter kita sebenarnya. Orang-orang di sekitar juga bisa menjadikan itu sebuah teladan.

(KT) Ada rencana gak untuk membuat album?
(Anes) Rencana sih, GMBc (Giving My Best Community) ingin membuat album lagi. Semoga itu bisa berjalan dengan baik. Ada rencana untuk membuat album solo rohani cuma belum pasti, karena saya juga masih ada proyek boyband.

(KT) Wah, jadi penasaran nih, mau lihat boyband kamu. Eh, pernahkah kamu mengalami kegagalan? Solusinya?
(Anes) Sering. Pertama-tama kita harus mengetahui dulu kenapa kita bisa gagal, apakah kita sudah melakukan yang terbaik? Apakah ini memang yang terbaik untuk kita? Tapi satu hal yang paling penting adalah bagaimana kita bisa bangun kembali dari kegagalan itu, berusaha menjadi lebih baik lagi agar kegagalan itu tidak muncul kembali. Puji Tuhan, sejak dulu saya sudah menjadi self-motivator, jadi saya dapat memotivasi diri saya sendiri untuk bangun dan tidak berlama-lama terpuruk. Tentunya semua harus dibarengi dengan doa.

(KT) Jika berandai-andai nih,… 3 atau 5 tahun ke depan, apa yang dapat kamu lihat dari diri sendiri?
(Anes) Dalam nama Tuhan Yesus, saya sudah dapat mengeluarkan album solo dan dapat menjadi tulang punggung keluarga.

(KT) Apa sih makna Tuhan Yesus Kristus dalam hidupmu?
(Anes) Tuhan Yesus adalah sosok yang dapat saya andalkan, kapanpun di manapun dalam hidup saya. Saya tidak perlu takut menghadapi apapun di dunia ini, karena saya memili Tuhan yang selalu ada buat saya.

yohanes-simon-sanggor-dkk

(KT) Ada gak impianmu untuk mengembangkan musik gerejani?
(Anes) Saya ingin musik gerejani dapat lebih berkembang dan lebih luas genre musiknya. Jadi tidak hanya musik “jemaat” yang bisa laku, tetapi benar- benar musik yang “jujur” dan berkualitas, yang dapat diterima oleh masyarakat.

(KT) Apa pesan-pesanmu untuk anak-anak remaja (teens) Kristen di Indonesia?
(Anes) Selalu dekat dengan Tuhan! Selalu mengandalkan Tuhan dalam apapun yang kita lakukan dan jangan pernah takut mengejar mimpi-mimpi kalian. Mimpi itu memang sulit diwujudkan, tetapi bukannya tidak mungkin!

(By: Ayik, 2013)

Photo Credit: [img]http://i1.ytimg.com/vi/ZrSEIQiKrIk/maxresdefault.jpg

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *