idol4-juli-2015

TERESA PATRIA PRASASYA FOTOGRAFER CILIK YANG JUARA LOMBA INTERNASIONAL : JANGAN TAKUT GAGAL!

idol-juli-2015

Usianya memang masih belia, namun prestasinya sudah mendunia. Ungkapan ini mungkin tepat diberikan bagi Teresa Patria Prasasya, yang pada 4 Desember nanti baru genap berusia 12 tahun.

Teresa bisa dibilang bocah multitalenta. Dia pintar bermain catur hingga terpilih menjadi atlet Surabaya, serta piawai fotografi, yang membawanya juara di mana-mana. Yang membanggakan, pada 18 Desember 2013 lalu, dia dinobatkan sebagai “Young Travel Photographer 2013”.

Dalam situs resmi Travel Photographer of the Year (TPOTY) yang berpusat di Inggris, juri menyebutkan, pada usianya yang masih 10 tahun, saat ia mengikuti lomba tersebut, Patria dinilai cerdik menangkap momen hilir mudik koloni semut yang berebut makanan. “Tidak mudah menyatukan satu set berisi empat foto seperti ini,” begitu ungkapan juri dalam ’’What the judges thought”.

idol2-juli-2015

Juri juga melihat teknik makro yang dijepret Patria menghasilkan depth of field yang baik. Dengan penilaian itu, ABG kelahiran Sragen tersebut dinobatkan sebagai Young Travel Photographer-14 Years Old & Under. Dia menyisihkan ribuan karya peserta yang masuk dari sekitar 90 negara.

Di antara ribuan karya itu, untuk kategori di bawah usia 14 tahun, juri memilih enam finalis. Yakni Miriam Deckmyn (Belgia), Zac Gray (Inggris), Sayeed Mahbuba (Bangladesh), Jonathan Rystrom (Denmark), dan dua dari Indonesia, yakni Patria serta Michael Theodric.

Siswi SDN Baratajaya, Surabaya, itu tidak menyangka fotonya tentang koloni semut, yang dia beri judul “Crowded Planet” akhirnya dinobatkan sebagai juara. Ada empat foto tentang koloni semut yang dikirim Teresa. Foto-foto tersebut diambil di teras rumahnya, di kawasan Nginden Kota, Surabaya. “Awalnya saya ingin belajar memotret semut yang sedang berbaris. Pas kebetulan saat itu banyak semut yang mengerubuti sisa makanan. Akhirnya saya pancing sekalian dengan makanan agar mereka tambah ramai,” cerita Teresa, puteri pertama dari pasangan Heru Setyono dan Tuti Agustiani.

idol3-juli-2015

Tidak disangka, dalam perebutan makanan itu, terdapat momen yang terjadi secara kebetulan. Seekor semut diserang ramai-ramai oleh semut-semut yang lain. Melihat momen itu, Teresa langsung “mengokang” kamera DSLR Canon 1100 D miliknya. Moncong lensa makronya pun makin difokuskan keadegan pengeroyokan tersebut, sembari menekan shutter kamera berkali-kali.

Karya Teresa dan pemenang kategori lain kini disiapkan untuk dipamerkan di Royal Geographical Society di London, Inggris, mulai 11 Juli 2014. Diakui Teresa, ia sangat ingin sekali bisa melihat langsung fotonya dipamerkan di negeri Ratu Elizabeth itu.

Menurut Teresa, keberhasilan yang dialaminya saat ini, tidak begitu saja dia dapatkan. Ia mengaku sering mengalami kegagalan dalam memotret, meski demikian ia mau terus belajar untuk memotret dengan didampingi ayahnya. “Kalau gagal itu sering ya… Ayah selalu bilang pasti ada hikmah di setiap kegagalan yakinlah bahwa Tuhan punya rencana lain yang lebih indah. Solusinya ya dievaluasi kenapa bisa gagal dan terus berdoa…”

Berikut beberapa pengharagaan yang pernah diraih Teresa: Kelas 2 SD (2010) Juara 1 Catur usia 8-9 tahun, Piala KONI Surabaya. Kelas 3 SD (2011) Juara 1 Catur usia 8-9 tahun, Piala KONI Surabaya. Kelas 4 SD (2012) 10 besar catur- tingkat SD Surabaya, Piala Walikota Surabaya. Kelas 4 SD (2012) 10 besar catur usia 15 th, Bupati Cup, HUT Kota Ngawi.

Penghargaan untuk lomba foto: masuk 100 foto terbaik Foto Pawai Budaya HUT Kota Surabaya, 2012, dipamerkan di Len March Mall Surabaya. Masuk 100 foto terbaik Foto Bangunan Bersejarah Jawa Timur, 2013, dipamerkan di Sampoerna House. Pemenang 1 Foto On The Spot “car free day Jawa Pos”, 9 September 2012. Pemenang 2 Foto On The Spot “car free day Jawa Pos”, 16 Desember 2012. Pemenang 2 Foto On The Spot “car free day Jawa Pos”, 10 Juni 2012. Pemenang 4 Foto On The Spot “car free day Jawa Pos”, 19 Pebruari 2012. Pemenang kategori “Manusia” Indonesia Photography Contest 2012 For Kids, diselenggarakan oleh majalah National Geographic Kids. Pemenang kategori “Humor” Indonesia Photography Contest 2012 For Kids, diselenggarakan oleh majalah National Geographic Kids. Penghargaan “Honorable Mention” International Photography Contest 2012 For Kids. 24 terbaik foto bertema sepeda “Scatti Bike” International Photo Contest 2013, dipamerkan di Brindisi, italia. Young Travel Photographer of The Year ~ under 14 (2013). Pemenang kategori “Pemandangan” dan “Hewan” Indonesia Photography Contest 2013 For Kids, diselenggarakan oleh National Geographic Kids.

Teresa yang kelak bercita-cita menjadi guru ini, merasa senang untuk terus menekuni hobby nya. “Aku senang menekuni hobby yang membuat orang lain terhibur dan senang, itu sama artinya dengan memuliakan Tuhan! Tuhan Yesus itu memang dahsyat dan ajaib! Aku sarankan teman-teman juga selalu terus berdoa, berpikir positif dan berkarya bagi Indonesia!”

(By: Ayik, 2014)

Photo Credit: https://membuatfotojadimenarik.files.wordpress.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *