teenz-hero-februari-2015-john-ronald-reuel-tolkien

JOHN RONALD REUEL TOLKIEN: SANG AHLI BAHASA

John Ronald Reuel Tolkien lahir di Afrika Selatan, 3 Januari 1892 dan meninggal di Inggris, 2 September 1973. Ia wafat pada umur 81 tahun. Tolkien adalah penulis novel asal Britania Raya yang menulis The Hobbit (1937) dan lanjutannya The Lord of the Rings (1954—1955).

Tolkien bekerja sebagai profesor dalam Bahasa Inggris di Universitas Leeds pada 1920-1925, sebagai profesor Bahasa Anglo-Saxon di Universitas Oxford pada 1925-1945, dan bahasa Inggris dan sastra, juga di Oxford, pada 1945-1959. Ayah Tolkien meninggal saat Tolkien masih berusia 3 tahun, karena pendarahan yang parah di otaknya. Ibu Tolkien pun berjuang seorang diri untuk menghidupi kedua anaknya.

Sejak kecil Tolkien sangat menyukai bahasa. Mata pelajaran yang ia suka pasti berhubungan dengan bahasa. Di usia 4 tahun, ibu Tolkien sudah mengajarinya dasar-dasar bahasa Latin dan di usia itu juga Tolkien sudah bisa membaca dengan lancar serta menulis dengan rapi! Luar biasa bukan?

Sejak kecil sampai remaja, bahkan sampai masa dewasanya, Tolkien hanya menekuni bidang bahasa dan menjadi ahlinya. Jika kita melihat Kamus Inggris Oxford, itu adalah karya J. R. Tolkien. Karena ketekunan dan kegigihannya, Tokien menjadi orang yang sangat berguna dan berjasa di bidangnya.

Kadang kita mudah bosan dengan bidang yang sedang kita pelajari. Kita tertarik dengan banyak hal dan kemudian hanya menguasainya sedikit-sedikit. Dari kehidupan Tolkien, setidaknya kita belajar satu hal, yaitu fokus kepada satu bidang untuk kita kuasai. Lebih baik menguasai satu bidang dengan sangat baik, dibanding menguasai banyak bidang, namun tidak maksimal. Tolkien sebenarnya waktu kecil juga sangat menyukai ilmu tumbuhan (botani), namun ia menetapkan hati untuk lebih memilih bahasa ketimbang ilmu tumbuhan. Bidang mana yang kamu pilih? (Chris)

Photo Credit: http://www.biografiasyvidas.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *