ice-breaker-juli-2016

WHO AM I?

Pertama, carilah nama tokoh-tokoh Alkitab yang cukup terkenal dan sering disebutkan sebanyak jumlah peserta (semisal: Daud, Abraham, Nuh, dll). Bila jumlah peserta banyak, nama yang sama bisa dipakai. Sediakanlah kertas memo tempel (sticky notes) kecil berukuran kurang lebih 5x10cm, atau bisa juga membuat sendiri dari kertas biasa dengan menempelkan double tape ke salah satu sisinya. Tulislah dengan jelas menggunakan spidol besar nama masing-masing tokoh tersebut dalam setiap lembar sticky notes.

Lalu, jelaskanlah bahwa permainannya adalah menebak nama yang akan ditempelkan di dahi mereka masing-masing dengan bertanya pada peserta lain. Peraturannya, setiap pertanyaan hanya boleh dijawab dengan “iya” dan “tidak”. Mereka boleh terus bertanya pada orang yang sama selama jawaban yang diberikan adalah “iya”. Sebaliknya, mereka harus berhenti bertanya bila jawaban yang diberikan adalah “tidak” dan mulai bertanya kepada anak yang lainnya.

Selanjutnya, mintalah semua peserta untuk diam atau tidak berbicara sebelum aba-aba dimulainya permainan. Ajaklah semua peserta duduk dengan tertib. Mintalah satu persatu anak maju untuk ditempeli nama-nama tersebut pada dahi mereka dan mintalah supaya anak lainnya tetap diam.

Berikanlah tanda atau aba-aba untuk memulai permainan. Permainan ini membutuhkan kejujuran semua peserta, menumbuhkan kreativitas masing-masing, serta membangun komunikasi antar peserta. Setiap peserta tidak boleh memberitahukan lawan bicaranya nama yang ada di dahi mereka. Mereka tidak boleh melepas nama tersebut sampai ia dapat menebaknya dengan benar. Pemenang permainan ini adalah anak yang paling cepat melepas nama yang ada di dahi mereka sendiri. Permainan berakhir bila semua peserta telah mampu menebak nama masing-masing atau bila jumlah orang terlalu banyak, permainan bisa dihentikan dalam waktu yang ditentukan misalnya 10 atau 15 menit.

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *