ice-breaker-september-2016

LINE UP!

Cara bermain:
Permainan ini tidak memerlukan alat atau bahan. Bisa dilakukan di tengah-tengah acara untuk menyegarkan suasana. Permainan ini bersifat bebas atau tidak ada penilaian, hanya sebatas menambah keakraban antar peserta.

Pertama buatlah daftar kategori-kategori untuk membuat barisan, contoh: berdasarkan tanggal lahir (tanggal 1 sampai dengan 31), berdasarkan bulan lahir (Januari sampai Desember), berdasarkan nomor ukuran sepatu, dan lain sebagainya.

Kemudian, mintalah semua peserta berdiri berbaris seperti biasa. Jika jumlah peserta banyak, bisa dibagi menjadi beberapa kelompok dan berbaris menurut kelompoknya. Permainannya adalah berbaris sesuai dengan kategori-kategori yang sudah dibuat.

Melalui permainan ini, setiap peserta akan berusaha mencari tahu identitas peserta lainnya, sehingga memperdalam pengenalan satu sama lain. Selain itu, permainan ini akan melatih komunikasi antar peserta sehingga mereka merasakan adanya kebersamaan dan kesatuan. Yang perlu diingat adalah permainan ini dapat memicu suasana gaduh, sehingga diperlukan pemimpin permainan yang tegas namun tetap santai.

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *