ice-breaker-mei-2016

DETEKTIF KORAN

Bahan: : Beberapa eksemplar Koran bekas dengan edisi yang sama, Lem kertas sejumlah kelompok, Beberapa lembar Kalender dinding bekas sejumlah kelompok

Cara bermain:
1. Bagilah peserta menjadi beberapa kelompok, semisal 10 orang setiap kelompok.
2. Mintalah mereka duduk menurut kelompoknya.
3. Bagikan satu edisi koran dan lem kertas pada masing-masing kelompok.
4. Tempelkan kalender bekas tersebut di dinding, untuk masing-masing kelompok (bila tidak ada tempat menempel, letakkan saja beberapa meter dari kelompok), usahakan setiap kelompok duduk dengan jarak yang sama dari kalender mereka.
5. Buatlah beberapa kategori untuk berita atau iklan yang ada di dalam koran dengan dua kata secara acak. Semisal “api-manusia”, dsb.
6. Setiap kelompok yang sudah mendapatkan berita yang dimaksud harus menyobek artikel tersebut dan menempelkannya pada kalender bekas masing-masing. Janganlah memberitahukan untuk apa berita-berita tersebut ditempelkan.
7. Berita-berita tersebut adalah sebagai petunjuk untuk membuat cerita seolah-olah cerita tersebut pernah terjadi dalam Alkitab. Semisal Yesus memberi makan 5.000 orang, maka kategori yang mungkin adalah “roti-lezat” (untuk iklan “pizza hut” contohnya), “kerumunan-kota” (semisal berita “pawai HUT Kota”) dan “sumbangan-banjir” (misalnya untuk artikel tentang “sumbangan Presiden untuk korban banjir”).
8. Permainan ini dimenangkan untuk kelompok yang mampu menebak “kasus” cerita Alkitab apa yang sedang dipecahkan oleh mereka (detektif).

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *