renungan-28-januari-2016-melindungi-hati

MELINDUNGI HATI

Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 18:21-35
Ayat Emas
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
(Ams. 4:23)
Bacaan: Amsal 4:1-27

Orang zaman dulu, melindungi kaki dari rasa sakit dengan membuat alas kaki dari rumput yang dianyam. Atau dengan menggunakan sepotong kulit binatang atau kepingan kayu yang rata. Tali kulit itu diikatkan di antara jari dan dibelitkan di sekeliling pergelangan kaki, yang kemudian kita kenal sebagai sandal.

Sandal sudah dipakai bangsa Mesir sekitar 5.000 tahun yang lalu dan hanya orang-orang kaya saja yang bias memakai sandal. Tapi sekarang semua orang tentu bisa membeli dan memakai sandal karena harganya terjangkau.

Orang memakai sandal untuk melindungi kakinya dari rasa sakit. Bila tidak memakai alas kaki, saat berjalan kaki kita bisa menginjak batu, beling, bahkan tersengat sinar matahari. Untuk melindungi kaki dari bahaya, kita bisa memakai sandal. Tapi bagaimana dengan hati? Tidak ada alat yang bisa kita pakai untuk melindungi hati kita agar tidak mudah tersakiti.

Tetapi kita tetap bisa menjaga hati atau perasaan kita agar tidak gampang terluka. Lindungilah hatimu dengan firman Tuhan. Jika kamu bertekun membaca firman Tuhan, maka kamu akan dapat membedakan mana yang baik dan salah. Hidupmu pun dipenuhi kasih sayang-Nya sehingga kamu merasa sayang jika akan melukai seseorang yang lainnya.

Selain itu, salah satu cara menjaga hati adalah tidak menganggap serius semua omongan orang. Bila tidak, kita tentu akan mudah tersinggung, kecewa, kesal, dan marah. Kalau sudah begini, bagaimana hati kita dapat memancarkan kehidupan?

Menjaga hati membuat kita selalu dipenuhi damai setiap hari.
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau senantiasa menjaga hatiku, supaya tidak cepat tersinggung dan kecewa dengan orang-orang di sekitarku. Amin.”

Photo Credit: diaryremajasholih.blogspot.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *