renungan-27-agustus-2015-taat-peraturan

TAAT PERATURAN

Bacaan Alkitab Setahun:
I Korintus 9
Ayat Emas
Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.
(Rm. 13:1)

Pada awal tahun 2012 lalu, AAL (15) pelajar SMK 3, Palu, Sulawesi Tengah, dituduh mencuri sepasang sandal jepit milik Briptu Ahmad Rusdi Harahap, anggota Brimob Polda Sulteng. Hanya gara-gara sandal jepit butut AAL terancam hukuman kurungan maksimal lima tahun penjara.

Proses hukum atas AAL pun tampak janggal. Ia didakwa mencuri sandal merek Eiger nomor 43. Namun, bukti yang diajukan adalah sandal merek Ando nomor 9,5. Selama persidangan tak ada satu saksi pun yang melihat langsung apakah sandal merek Ando itu memang diambil AAL di depan kamar Rusdi.

Di persidangan, Rusdi yakin sandal yang diajukan sebagai barang bukti itu adalah miliknya karena, katanya, ia memiliki kontak batin dengan sandal itu. Saat hakim meminta mencoba, tampak jelas sandal Ando itu kekecilan untuk kaki Rusdi yang besar.

AAL memang dibebaskan dari hukuman dan dikembalikan kepada orangtuanya. Namun, majelis hakim memutus AAL bersalah karena mencuri barang milik orang lain.

Indonesia adalah negara hukum, dimana ada ketetapan-ketetapan hukum yang harus ditaati oleh semua warga negara Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, di setiap negara juga memiliki peraturan yang harus ditaati warganya. Tuhan Yesus juga ingin anak-anak-Nya menaati apa yang diperintahkan-Nya, yang semuanya juga untuk kebaikkan diri kita sendiri.

Peraturan dibuat untuk ditaati, untuk kebaikkan bersama.
Doaku:
“Bapa di surga, ajar aku untuk belajar menaati peraturan yang telah ditetapkan pemerintah di negara Indonesia ini. Tolong aku agar tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran dalam hidupku. Amin. “

Photo Credit: www.rediff.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *