renungan-23-agustus-2015-berdoa-bagi-bangsa-di-dunia

BERDOA BAGI BANGSA DI DUNIA

Bacaan Alkitab Setahun:
I Korintus 6
Ayat Emas
Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah; kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu.
(Mzm. 67:4)

Pada 27 Mei 2012 lalu, umat Kristen di Filipina berdoa di jalan-jalan Manila, selama Hari Doa Sedunia. Mereka menangis kepada Tuhan untuk belas kasihan dan pengampunan bagi dosa-dosa bangsa.

Seluruh negeri, orang percaya lainnya bergabung dalam pertemuan doa terbesar di dunia, bersyafaat di gereja-gereja mereka sendiri. Orang-orang percaya bangsa ini mengharapkan sebuah langkah baru yang signifikan dari Allah seperti yang diserukan sang presiden, Benigno Aquino III, kepada Sang Maha Tinggi agar transformasi terjadi di bangsa tersebut.

“Marilah kita mengingat kekuatan yang kita peroleh dari doa bukanlah kekuatan individu,” kata Aquino di pertemuan itu. “Ini adalah kekuatan yang tidak hanya kita dapat andalkan pada saat kita bergerak maju di sepanjang jalan besar menuju kehidupan lebih baik bagi negara kita, tetapi juga ketika menuju dunia lebih dekat, lebih sejahtera dan lebih damai,” ujarnya.

Ya, kita memang perlu untuk mendukung bangsa kita, maupun bangsa-bangsa di dunia dalam doa-doa kita, agar kehidupan berbangsa bisa tercipta suatu kerukunan, kesejahteraan dan kedamaian. Coba bayangkan jika antar bangsa selalu bertikai, tak ada yang mau mengalah…akhirnya perang pun terjadi. Kalau sudah terjadi perang, siapa yang rugi?
Selain kerugian dialami oleh bangsa yang bertikai, efek perangpun ternyata bisa mengganggu bangsa-bangsa yang lainnya.

Hampir semua orang tidak menyukai peperangan terjadi, tapi masih saja ada negara-negara yang bertikai. Jadi doakan mereka, agar damai sejahtera bisa melingkupi seisi bumi ini.

Perang selalu mendatangkan kengerian, tapi doa akan mendatangkan kedamaian.
Doaku:
“Tuhan Yesus Sang Raja Damai, aku mau menyerahkan bangsa-bangsa di muka bumi ini, agar mereka juga memiliki kerinduan untuk hidup dalam damai. Amin.”

Photo Credit: heatonkent.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *