renungan-19-agustus-2015-hidup-sebagai-hamba

HIDUP SEBAGAI HAMBA

Bacaan Alkitab Setahun:
I Korintus 2
Ayat Emas
Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.
(1 Ptr. 2:16)

Bangsa Israel adalah bangsa pilihan Allah. Ketika Allah membebaskan mereka dari tanah Mesir, seharusnya mentalitas yang mereka miliki bukan lagi mentalitas budak, melainkan mentalitas bangsa merdeka.

Tapi Keluaran 14:11-12 menyebutkan, bahwa bangsa Israel masih memiliki mentalitas budak, mereka lebih suka kembali ke Mesir, daripada taat kepada pimpinan Tuhan.

Demikian juga dengan kehidupan anak-anak Tuhan masa kini. Jika kamu telah mengaku percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juru selamatmu, sudah seharusnya kamu mau dipimpin Tuhan dalam hidupmu. Jangan lagi kamu mau diperhamba oleh Iblis atau dosa.

Kalau dulu kamu hidup dalam dosa, saat kamu menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamatmu, maka Ia juga yang telah memerdekakan segala dosa-dosamu. Saat kamu menerima kemerdekaan itu, kehidupan kita pun diubahkan-Nya. Bukan lagi sebagai budak dosa, melainkan sebagai hamba Allah.

Hamba Allah hidup dalam perkenan Allah, senantiasa menjaga kerinduan dalam hatinya untuk terus dekat dengan Allah. Waktu doa adalah ungkapan syukur, yang dipanjatkan sepanjang waktu. Kerinduannya akan waktu teduh bersama Allah, menjadi sebuah kerinduan yang selalu diperbaharui setiap waktu.

Mentalitas dan sikap hidup sebagai orang merdeka dapat tercermin melalui cara hidup sebagai hamba Allah.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampuni aku jika selama ini masih terlena sebagai budak dosa. Aku mau dimerdekakan dan menjadi hamba-Mu. Amin.”

Photo Credit: http://www.gethsemanebpc.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *